FENOMENA ALAM MENURUT KEYAKINAN NENEK MOYANG DAKKA

Dalam keyakinan setiap suku – suku di belahan bumi tentang kejadian alam yang terjadi dimuka bumi itu berbeda – beda, begitu pula di suku todakka juga mempunyai keyakinan tentang kejadian – kejadian alam tersebut yang diyakini terun temurun oleh suku todakka diantaranya yaitu :

  1. SIAMMA’I BULONG (GERHANA BULAN)

Menurut nenek moyang Dakka, fenomena ini terjadi karena seekor naga menelan bulan sehingga cahaya bulan tidak terlihat karena berada di dalam mulut sang naga. Tak lama kemudian bulan muncul kembali karena sang naga memuntahkan atau melepaskan bulan dari mulutnya. Ketika siamma’i bulong atau gerhana bulan terjadi, maka orang tua menyarankan atau menyuruh anak gadis dan lelaki perjaka mereka agar mandi di tujuh sumur yang berbeda. Jika saran ini dilakukan, maka pintu jodoh akan cepat terbuka atau cepat mendapat jodoh dan akan membawa dampak yang baik bagi orang yang melakukannya.

Naga_memakan_matahariIlustrasi gambar : selasar.com

  1. NINO’ ATAU (GEMPA BUMI)

Menurut nenek moyang, fenomena ini terjadi karna seekor naga yang ada di dalam tanah atau inti bumi menghempaskan atau memukulkan ekornya ke bumi sehingga terjadi goncangan yang begitu dahsyat. Semakin sering sang naga menghempaskan ekornya, maka semakin dahsyat pula goncangan yang terjadi. Jika nino’ atau gempa bumi terjadi, maka orang tua memerintahkan agar kita semua memukul-mukul benda, entah benda apapun itu, yang penting bisa menghasilkan suara yang besar atau ribut sambil berteriak sekeras-kerasnya agar sang naga dapat mendengar suara manusia yang ada di bumi. Jika tak ada lagi suara manusia yang terdengar, maka sang naga akan menghacurkan bumi hingga tak ada lagi yang tersisa (kiama’ mi lino).


DSC_1190 - Copypenulis : ASRUL ANGGARA DAKKA

Tentang haassbbii

MEMBERI SEBANYAK BANYAKNYA BUKAN MENERIMA SEBANYAK BANYAKNYA
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar